Thailand Trip: April 6th, 2016

WARNING! MOST OF THAILAND FOOD I POSTED HERE IS NOT HALAL!

Penerbangan

Kami ambil waktu advance dari tanggal 6, karena #Trip100Dollar dimulai tanggal 7 April pk. 11.00. Flight-nya Jetstar Asia: 9.50 (JKT) – (SIN) dan dilanjut 17.20 (SIN) – (BKK). Penerbangan kedua ini delay, harusnya sekitar jam 3 sore. But it’s ok secara Changi Airport kan super nyaman, bahkan kami gantian pakai kursi pijat OSIM yang berserakan dan boleh dipakai gratis. Seriously, so mager!

Selama waktu delay itu kami memanfaatkan wifi gratis Changi Airport buat cari tau transportasi di Bangkok, dari bandara Suvarnabhumi ke Saphaipae Hostel. Masalahnya kami bertiga belum pernah ke Thailand, dan ini pertama kalinya kami pergi cuma ‘anak-anak’ dan tanpa tur. Nekat ya? Jujur sih, setelah trip ini berakhir, kami baru terkagum-kagum kalau flashback ingat setiap kenekatan kami di Thailand. Hehehe.

Kami tiba di Suvarnabhumi Airport sudah cukup malam, sekitar jam 20.00 seingatku. Di airport juga bisa beli internet provider buat yang butuh, letaknya di kios-kios dekat pintu keluar bandara. Yang ada di sini itu TrueMove dan DTAC, kedua temanku beli masing-masing satu.

Updated soon : penimbangan Bagasi Kabin di Soekarno-Hatta International Airport Jakarta

Makanan

Oh ya, setelah sampai di Suvarnabhumi kami langsung makan di foodcourtnya dan astajim! Orang Thailand sama sekali gagap Inggris dong! Memang sih pernah dengar, tapi gak nyangka sampai segagu ini! Dan satu hal lagi, orang Thailand ternyata memang default gesture –nya agak kurang ramah (menurutku pribadi ya). Oh ya, foodcourt bandara ini terletak di lantai agak bawah (entah paling bawah atau kedua dari bawah) jadi harus turun-turun dulu ya. Cukup besar dan makanannnya bervariasi, tapi sulit banget dapat tempat duduk karena sangat penuh.

Makan malamku yang dibeli di airport ini yaitu Fried Noodle with Topping Pork and Gravy seharga 45 THB dan air mineral  500 mL seharga 10 THB.

Fried Noodle with Topping Pork and Gravy (non-halal) bought at Suvarnabhumi Airport

Updated soon : Snacks you can find in Thailand (but not in Indonesia)

Transportasi dari Suvarnabhumi ke Saphaipae Hostel

Bermodal hasil screenshoot tips rute dari internet via ARL (Airport Railway Link) dan BTS (Bangkok Sky Train), kami coba-coba aja. Dari Suvarnabhumi, kami naik ARL sampai ke Phaya Thai, terus di sana ganti moda jadi BTS. Naik BTS Phaya Thai – Surassak (ada pindah line setelah Phaya Thai – Siam, lalu ganti jalur Siam – Surassak). KATANYA SIH GITU. Tapi ternyata masalah paling vital pun muncul: gimana caranya beli tiket BTS? Ya ampun, padahal itu harusnya dasar banget buat bepergian pakai public transport di Thailand. Hahaha.

trainairport2 edit

Rute Transportasi dari Suvarnabhumi Airport ke Saphaipae Hostel (Surassak)

Pokoknya kami antre aja di loket di Phaya Thai, ngikut orang-orang. Aku keluarin uang kertas 50 THB dan bilang ke mbak di loket, mau ke Surassak (S: Sa, M: Mbak).

S : BTS to Surassak (menyodorkan uang kertas 50 THB)

M : 37 Baht (ambil uangku, kasih recehan)

S : Thank you (ga cek uang yang dikembaliin) (ternyata dikasih 5 buah uang logam 10 THB)

Usut punya usut ternyata itu loket buat penukaran uang, dari uang kertas ke logam. Setelah jadi logam, baru bisa dibeli di mesin otomatis. Jadi, berbeda dengan Singapura yang mesinnya bisa menerima uang kertas dan logam, di Bangkok Cuma bisa menerima uang logam. Ada mesin yang bisa menerima uang kertas dan logam, tapi itu gak ada di semua BTS Station. Jadi kalau mau cepat, selalu sedia uang logam karena kadang antrean penukaran uang tadi bisa sangat panjang, di Siam Station misalnya.

Biaya ARL sampai Phaya Thai 45 THB, dilanjutkan BTS Phaya Thai – Surassak 37 THB.

Updated soon : Kind of Transportations in Thailand

Saphaipae Hostel

Jarak dari Surassak Station ke Saphaipae sebenarnya sangat dekat, tinggal lurus sampai perempatan lalu belok kanan. Tapi karena kita masih bloon-bloon, kita ikutin aja waktu dikasih tau jalan yang memutar. Jadilah kami terseok-seok seret-seret koper jam 23.30 malam gelap-gelap hiks. Tapi selanjutnya kami belajar dari pengalaman kok. Surassak Station – Saphaipae bisa ditempuh sekitar 10 – 15 menit jalan kaki.