Double Cleansing, What and How to Do it Right

Halo semuanya!

Hari ini, aku mau berbagi pengetahuanku tentang double cleansing. Setelah banyak membaca dari berbagai sumber (sayangnya aku lupa sumbernya apa saja, karena ada banyaakk), aku memutuskan untuk merangkumnya dan menulisnya di blog ini karena ternyata double cleansing itu sangat penting. Sebenarnya, apa sih double cleansing itu? Dua kali pembersihan, maksudnya pagi dan malam? No!

Apa itu Double Cleansing?

Istilah Double Cleansing ini sebenarnya berasal dari Jepang dan Korea. Bahasa Indonesianya, pembersihan ganda. Pernah dong pasti, liat kulit cewe-cewe Jepang dan Korea yang tampak sehat dan mulus. Mau juga punya kulit kaya gitu? Double cleansing ini adalah salah satu rahasianya untuk mendapatkan kulit yang lebih sehat dan mulus.

doublecleansing-1

Image Source : Google

Kenapa harus 2 tahap?

Di pagi hari sebelum beraktivitas, kita memakai moisturizer, makeup, atau sunscreen. Sunscreen kan mengandung SPF, bahkan ada yang waterproof dan bertahan lama. At the end of the day, muka kita menjadi berminyak, banyak kotoran dan debu hasil beraktivitas, dan masih ber-makeup.

Kebanyakan orang yang belum mengerti pentingnya double cleansing hanya membersihkan mukanya dengan satu tahap, entah itu dengan cleansing milk atau facial foam. Padahal, hanya salah satu saja tidak bisa membersihkan wajah secara total, loh. Tahu, kan, kalau kita tidur masih dengan sisa makeup, minyak berlebih, dan polusi dapat menimbulkan jerawat, kulit kusam, dan kerutan?

Karena itu, dengan metode double cleansing, segala macam debu, kotoran, minyak, dan sisa makeup akan terangkat dan wajah kita akan menjadi benar-benar bersih.

 

Apa saja 2 tahap itu?

  1. First cleanser

First cleanser atau pembersih pertama, gunakan pembersih yang berbahan dasar minyak tapi gampang dibersihkan dengan air (oil-based cleanser), contohnya cleanser dengan tekstur balm atau cream. Cleanser dengan tekstur seperti ini akan larut menjadi minyak dan meluruhkan makeup yang ada di muka. Untuk yang memakai full makeup, bisa menggunakan lip & eye make up remover dulu sebelumnya. Selain cleanser dengan tekstur balm atau cream, bisa juga memakai cleansing milk, cleansing oil, atau micellar water. Yang cream biasanya untuk kulit kering, gel untuk kulit normal dan kombinasi, serta oil untuk kulit berminyak. First cleansing ini gunanya untuk membersihkan sebum, makeup, dan sunscreen.

  1. Second Cleanser

Untuk second cleanser atau pembersih kedua, pakailah pembersih berbahan dasar air (water-based cleanser), seperti facial wash atau sabun muka. Disarankan untuk menggunakan facial foam yang ber-pH rendah dan berbahan lembut karena formula yang keras justru akan membuat wajah kering. Tahap yang kedua ini untuk membersihkan kulit yang sudah bebas makeup dari keringat dan dirt supaya benar-benar bersih. Ingat, ga peduli apakah cleansing product kita mengklaim 2 in 1 atau bahkan 3 in 1, kita harus tetap menggunakan facial foam 🙂

doublecleansing-2

Image Source : Google

Kapan sebaiknya menggunakan double cleansing?

Double cleansing cukup dilakukan di malam hari saja karena menghapus sisa-sisa makeup, polusi, dan sunscreen. Di pagi hari cukup sekali saja karena wajah ga terlalu kotor.

Selain itu, di malam hari kan wajah diberikan berbagai macam treatment, mulai dari serum, essence, ampoule, emulsion, face oil, dan lain-lain. Jadi kalau kulit kita tidak benar-benar bersih, produk skincare semahal apapun tidak akan bisa menyerap dengan baik. Jadi percuma, kan?

 

So, itu sekilas beau-tips dariku. Semoga berguna, ya!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s